JOURNEY TO PERSIA

12049651_10205356538427863_7149804812711040903_nAkhirnya, bisa menginjakkan kaki di tanah Persia, yang konon katanya merupakan salah satu peradaban yang tertua di dunia dengan segala peninggalan sejarah dan budaya. Sekarang bernama Republik Islam Iran, tepatnya di kota Qom.

Di hari2 awal berada disini sangat banyak menemukan hal2 yang baru dari makan nasinya cuman sehari sekali sampe ngeliat orang pake jas di pasar adalah hal yang biasa, dan salah satu hal baru yang di dapatkan adalah teman. Yap teman yang berasal dari penjuru dunia dan dari benua yang berbeda tentunya. Sebut saja azerbaijan, syria, bahrain, inggris, russia, thailand, madagaskar, bahkan colombia yang tiket pesawat untuk sekali jalan dari sana saja 3000USD. Semua datang kesini untuk menimba ilmu. Dan tentu nya mereka kesini dengan beasiswa penuh dari Negara Iran. Yang dari awalnya kita komuniaksi pake bahasa “tarzan” atau isyarat yang cuman bisa hah hoh hah hoh, tapi akhirnya dari hari ke hari bisa mengerti walaupun sedikit2. Dan hari2 disinipun diisi dengan belajar dan bercerita satu sama lain tentang pengalaman masing2. Ada yang bercerita tentang bagaimana keadaan negara mereka masing2, apa hal yang membuat mereka termotivasi untuk menjadikan Iran ini salah satu destinasi mereka untuk belajar, ada juga yang bercerita tentang situasi di negara masing2. Dan membuat hari2 disini dijalani dengan rasa seru dan menemukan hal2 yang baru.

Masyarakat Iran pun sangatlah welcome dengan keberadaan pelajar2 asing disini. Dan di sini pun Indonesia mempunyai reputasi yang sangat baik, mereka begitu mendengar saya berasal dari indonesia seketika itu pun mereka menyambut saya dengan rasa kekeluargaam dan berkata ” Selamat datang di negara kami, semoga kalian senang berada disini dan semoga kalian sukses”. Dan mereka akhirnya memberikan suatu pelajaran yang berharga bagi kami, untuk selalu berbuat baik kepada orang lain, tidak peduli agama ataupun ras nya apa dan fokuskanlah diri kalian untuk membenahi diri sendiri bukan menjelek-jelekan orang lain. Begitu tepat kata2 itu untuk dijadikan salah satu prinsip, yang merupakan salah satu pelajaran yang berharga.

Dan masih banyak lagi hal2 yang belum diketahui dan sudah tidak sabar lagi rasanya untuk terus mendapatkan pelajaran2 dan pengalaman2 yang baru di sini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s